Dir: Todd Phillips
Oleh: HSA
Oleh: HSA
Sekian lama DC membuat tone film gelap-gelapan. Namun akhirnya Joker Standalone mampu membawanya sedemikian rupa, dari cinematography, set production, dan naskah. Patut diberi jempol.
Jika film superhero atau anti hero berkaitan dengan hal-hal CGI atau sinar-sinaran laser. Film Joker tidak demikian. Film ini lebih masuk ke dalam psikologis dan realistis terhadap penggambaran dunia sekitar penonton.
Secara naratif film ini tergolong memiliki pace lambat dan lebih subyektif ke Arthur. Set production jelas merefleksikan pikiran-pikiran Arthur yang begitu rusak dan gila, terdapat graffiti di mana-mana menggambarkan pikiran anarko primitif (kata teman saya). Pace yang cenderung datar tersebut membuat penonton makin memiliki point of interest pada peran Arthur. Begitu juga cinematography sebagai bahan pendukung dunia Arthur bahkan beberapa adegan menyamai adegan The Dark Knight. Tone biru hijau membantu kekelaman dunia Arthur.
Joker menjadi film psikologis yang cenderung realis dan gila. Pembukaan film mengenai tikus besar merepresentasikan pejabat-pejabat elit yang sulit disingkirkan atau diperbaiki. Belum lagi urusan oligarki politik di Gotham City yang dikehendaki oleh Ayah Bruce Wayne sendiri yang mengajukan menjadi walikota. Bahkan kaum anarko mulai muncul (di sini anti pemerintah) akibat perkataan Ayah Bruce Wayne mengenai badut-badut. Dicerita ini Arthur didiagnosis menderita penyakit kejiwaan sehingga ia dapat tertawa secara tiba-tiba. Beberapa yang perlu di highlight penyakit gila ini bisa sangat bernilai filosofis apalagi di dalam naratif ada hal kunci yang membuat penonton semakin penasaran. Perkataan Arthur mengadopsi banyak filsuf, seperti Descartes, Kant, dan Roussou. Cogito Ergo Sum, dan sebagainya. Ada dialog di mana ia bingung dengan realitas di luar sehingga ia merasakan itu adalah ilusi, ia sendiri yang nyata. Dalam beberapa hal saya menobatkan film ini bergenre Romantisme Tragedi. Saya sepakat dengab asumsi pertama tentang "Batman lahir akibat kejahatan, Joker lahir akibat Masyarakat".
Masyarakat itu sakit, nilai kebaikan harus ditakar oleh golongan tertentu. Sedangkan hidup begitu sangat personal dan subyektif. Hingga ada ekspetasi muncul yaitu keinginan akan harapan untuk melewati standar atau bahkan minimal menyamai standar masyarakat. Bahkan ukuran status kemanusiaan manusia harus dikuantitatifkan pada nilai kesepakatan rasio masyarakat. Sehingga orang seperti Arthur harus merasakan pahitnya kehidupan.
"Batman lahir akibat kejahatan, Joker lahir akibat Masyarakat". Secara kesimpulan film ini begitu personal sampai-sampai penonton keluar bioskop harus menyusun ulang dan merefleksikan realitas kehidupan mereka akan gambaran di film Joker. Tapi menurut saya masih belum ada yang bisa melampaui kesan Trilogi Batman Nolan, personal dan meluas.
9/10
Comments
Post a Comment