Skip to main content

Ingatan Buku: Jangan Main-main dengan Kelaminmu


Ingatan Buku: Jangan Main-main dengan Kelaminmu
Oleh Djenar Maesa Ayu

Sebelumnya terimakasih untuk salah satu orang yang udah mau meminjamkan buku ini, atas nama apapun.
Aku baru saja bertemu dengan dunia Ayu. Pada buku yang cukup lama ini, aku penasaran bagaimana sebuah cerita dewasa katanya bisa bikin kita secara individu mendalami tiap makna pesan ceritanya.

Saya tentu tidak jago untuk meresensi buku secara bagus. Setidaknya tulisan ini menjadi sebuah catatan bagi diri sendiri sebagai pengingat bahwa saya telah membaca buku ini sampai habis.

Buku dengan judul panjang ini merupakan kumpulan cerpen cerita dewasa dari Maessa Ayu. Tidak seperti cerita stensilan yang bertebaran di Internet. Buku ini setelah saya baca-baca lebih dari itu. Afeksi yang saya rasakan adalah bagaimana cerita dewasa ini mampu mengupas sisi realitas kehidupan yang sangat tabu, kemudian ditambahi sisi ironi kita sebagai manusia. Ada hal relate di dalamnya..
Pertama kaya rasa horni tapi ketahan karena ada efek ironi yang dilanjutkan dengan kesedihan yang terbangun.

Judul favorit saya dan teman saya di buku ini adalah "Menyusu Ayahku".
Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Di Atas Motor

Sebab kau yang selalu berbicara, melalui hening dan hembusan angin di atas roda besi adalah bisikan termanis di dalam ruang dan waktu. 01-12-18

Review Buku: Sejarah Dunia yang Disembunyikan (Jonathan Black)

Review Buku: Sejarah Dunia yang Disembunyikan (Jonathan Black) Oleh: HSA Setelah satu bulan akhirnya selesai juga buku tebal ini yang menyamakan rekor oleh bacaan sebelumnya (Sejarah Tuhan/Karen Armstrong). Banyak situasi unik tentang buku yang saya bawa ini jika diketahui oleh teman-teman. Yup tidak lain tidak bukan karena sampul buku ini menggambarkan simbol-simbol "segitiga mata satu", terkenal dengan cerita konspirasinya. Banyak kerabat yang mengernyitkan dahi, atau menampilkan wajah keanehan terhadap buku yang saya baca ini. Saya tidak heran, sebab sebelumnya saya juga memiliki pandangan yang sama, "wah ini buku konspirasi besar sekali!!". Kalau dibilang betul sekali, bagi seseorang yang alur bacanya sudah mengenal simbol-simbol ini, pasti landasan empirisnya berpacu pada konspirasi dunia. Jika kalian suka itu, bacaan buku ini menjadi kitab besar "konspirasi dunia" MESKI.. setelah anda baca ini, anda mampu tercerahkan dalam beberapa ha

Review Film: Yowis Ben 2 (2019)

Yowis Ben 2 Dir: Fajar Nugros, Bayu Skak Film ini akhirnya berhasil mendapatkan sekuelnya setelah berhasil menkapalkan penonton hingga 100ribu-an dan memenangkan penghargaan di Festival Film Bandung. Kelanjutan dari Yowes Band pada lulus dari sekolah yang membuat para personel hampir bingung dengan masa depannya. Hingga akhirnya, Bayu dkk berniat untuk membesarkan bandnya dalam skala Nasional. Mereka bertemu dengan Cak Jon seorang Manajer (yang katanya) bisa membuat Yowes Band tambah terkenal. Mereka pun berniat ke Bandung dan 70% film ini berjalan dramanya di Bandung. Yowis Ben 2 sebenarnya memiliki potensi besar dalam menggali nilai kreativitas secara kultur sehingga film ini memiliki wacana yang jelas kepada penonton, apalagi dengan konsep berbahasa daerah. Sangat dibilang langka agar diterima oleh banyak orang. Namun penyakit sekuel film Indonesia masih di situ-situ saja, ya mungkin karena industri komersial yang sangat menomorsatukan laba. Untuk ukuran naratif cukup menghibur d